Parafrasa Perahu Kertas Karya Sapardi Djoko Damono

Gramedia Pustaka Utama, 19.02.2018 - 100 Seiten

Di Tangan Anak-anak Di tangan anak-anak, kertas menjelma perahu Sinbad yang tak takluk kepada gelombang, menjelma burung yang jeritnya membukakan kelopak-kelopak bunga di hutan; di mulut anak-anak, kata menjelma Kitab Suci. “Tuan, jangan kauganggu permainanku ini.” *** Perahu Kertas pertama kali terbit pada tahun 1983. Buku ini memuat puisi-puisi Sapardi Djoko Damono yang selalu dikutip dan dibacakan di setiap waktu, di antaranya puisi Yang Fana Adalah Waktu, Tuan, Sihir Hujan, Hatiku Selembar Daun, dan Metamorfosis.

Puisi memiliki keajaiban lewat setiap kata yang akan membawa kita pada satu perjalanan melintasi lautan kata yang penuh perasaan, menuju ruangan imajinasi yang tidak ada batasnya. Dalam perjalan puisi ini, penggambaran yang khas menuju pada puisi Perahu Kertas ciptaan Sapardi Djoko Damono seorang “Penyair Suasana” yang nantinya akan membawa kita memasuki dunia perasaan lewat bait-bait kata yang indah.

Kumpulan puisi Perahu Kertas karya Sapardi Djoko Damono merupakan terbitan puisi pada taahun 2018. Lewar judulnya, “Perahu Kertas” mengambarkan petualangan literasi yang unik. Perahu yang digambarkan sebagai metafora perjalanan hidup, sedangkan kertas digambarkan sebagai media jejak perasaan.Seperti pada judulnya, di dalam buku Sapardi tersebut terkandung 42 sajak yang memiliki judul khas mengenai penggambaran masa kanak-kanak yang memiliki jiwa khayalan yang tinggi. Tetapi jika diulik lebih dalam, puisi Sapardi ini memiliki makna renungan mendalam tentang manusia.

Dalam penulisan puisinya, Sapardi sangat terampil dalam memilih kata yang sederhana namun memiliki makna mendalam, Sehingga saat kita membaca puisi-puisinya terasa begitu akrab oleh alat indra kita. Contoh saja dalam puisi Telinga (hal 1 ) dalam bait “ia digoda masuk ke telinganya sendiri agar bisa mendengar apapun secara terperinci—setiap kata, setiap huruf, bahkan letupan dan desis yang menciptakan suara” bait diatas memiliki makna untuk memahami diri sendiri maupun orang lain. Karena telinga adalah alat indra yang kita gunakan untuk memahami bagaimana seseorang tersebut lewat tutur kata atau juga memahami diri sendiri lewat tutur kata kita juga.

Seperti dalam Sajak Bunga 1 dibaitnya, Bahkan bunga rumput itu pun berdusta. ia kembang di sela-sela geraham batu-batu gua pada suatu pagi dan malamnya menyadari bahwa tak nampaj apapun dalam gua itu dan udara ternyata sangat pekat dan tercium bau sisa bangkai dan mendenegar seperti ada embik terpataj dan ia membayangkan hutam terbakar dan setelah api—Teriaknya “itu  semua pemandangan bagi kalian saja, para manusia. Aku ini si bunga rumput; pilihn dewata!” imaji lihatan dalam puisi ini,  Sapardi seperti “memerangkap” pembacanya untuk ikut dalam daya imajinasinya yang begitu sederhana  Dimana bunga rumput digambarkan layaknya manusia yang berdusta. gambaran dalam bait tersebut, menggambarkan manusia yang tidak mau dianggap remeh. Walaupun kita sudah melihat realitas mereka, tetap tidak meluluhkan hati mereka untuk mengakui sebuah kekalahan.

Terdapat juga majas paradoks dalam sajak Kukirinkan Padamu di baitnya aku, tentu saja, tak ada di antara mereka. Namun ada  menggambarkan sebuah kenangan. Ketika seseorang tersebut tidak ada disamping kita, hanya kenangannya yang dapat mengobati rasa rindu kita kepadanya seperti pada bait kukirimkan padamu kartu pos bergambar, istriku,  Dimana dalam baitnya ia begitu detail menggambarkan kartu pos yang ia kirimkan ke istrinya agar kartu pos tersebut dapat menjadi ciri khas akan dirinya. karena definisi kenangan adalah sesuatu hal tentang seseorang

Setiap sajak yang dibawakan Sapardi memiliki filososf yang mendalam terlebih sifat-sifat manusia. Malalui bait yang sarat ini, penulis menyelipkan renungan mendalam menganai perjalanan hidup. Tiada manusia yang sempurna, tetapi kita bisa menjadi insan yang terus baik di perjalanan hidup kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Lihat Book Selengkapnya

Kisah ini dimulai dengan Keenan, seorang remaja pria yang baru lulus SMA, yang selama enam tahun tinggal di Amsterdam bersama neneknya. Keenan memiliki bakat melukis yang sangat kuat, dan ia tidak punya cita-cita lain selain menjadi pelukis, tapi perjanjiannya dengan ayahnya memaksa ia meninggalkan Amsterdam dan kembali ke Indonesia untuk kuliah. Keenan diterima berkuliah di Bandung, di Fakultas Ekonomi. Di sisi lain, ada Kugy, cewek unik cenderung eksentrik, yang juga akan berkuliah di universitas yang sama dengan Keenan. Sejak kecil, Kugy menggila-gilai dongeng. Tak hanya koleksi dan punya taman bacaan, ia juga senang menulis dongeng. Cita-citanya hanya satu: ingin menjadi juru dongeng. Namun Kugy sadar bahwa penulis dongeng bukanlah profesi yang meyakinkan dan mudah diterima lingkungan. Tak ingin lepas dari dunia menulis, Kugy lantas meneruskan studinya di Fakultas Sastra. Kugy dan Keenan dipertemukan lewat pasangan Eko dan Noni. Eko adalah sepupu Keenan, sementara Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil. Terkecuali Noni, mereka semua hijrah dari Jakarta, lalu berkuliah di universitas yang sama di Bandung.Mereka berempat akhirnya bersahabat karib. Lambat laun, Kugy dan Keenan, yang memang sudah saling mengagumi, mulai mengalami transformasi. Diam-diam, tanpa pernah berkesempatan untuk mengungkapkan, mereka saling jatuh cinta. Namun kondisi saat itu serba tidak memungkinkan. Kugy sudah punya kekasih, cowok mentereng bernama Joshua, alias Ojos (panggilan yang dengan semena-mena diciptakan oleh Kugy). Sementara Keenan saat itu dicomblangkan oleh Noni dan Eko dengan seorang kurator muda bernama Wanda. Persahabatan empat sekawan itu mulai merenggang. Kugy lantas menenggelamkan dirinya dalam kesibukan baru, yakni menjadi guru relawan di sekolah darurat bernama Sakola Alit. Di sanalah ia bertemu dengan Pilik, muridnya yang paling nakal. Pilik dan kawan-kawan berhasil ia taklukkan dengan cara menuliskan dongeng tentang kisah petualangan mereka sendiri, yang diberinya judul: Jenderal Pilik dan Pasukan Alit. Kugy menulis kisah tentang murid-muridnya itu hampir setiap hari dalam sebuah buku tulis, yang kelak ia berikan pada Keenan. Kedekatan Keenan dengan Wanda yang awalnya mulus pun mulai berubah. Keenan disadarkan dengan cara yang mengejutkan bahwa impian yang selama ini ia bangun harus kandas dalam semalam. Dengan hati hancur, Keenan meninggalkan kehidupannya di Bandung, dan juga keluarganya di Jakarta. Ia lalu pergi ke Ubud, tinggal di rumah sahabat ibunya, Pak Wayan. Masa-masa bersama keluarga Pak Wayan, yang semuanya merupakan seniman-seniman sohor di Bali, mulai mengobati luka hati Keenan pelan-pelan. Sosok yang paling berpengaruh dalam penyembuhannya adalah Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan. Keenan mulai bisa melukis lagi. Berbekalkan kisah-kisah Jenderal Pilik dan Pasukan Alit yang diberikan Kugy padanya, Keenan menciptakan lukisan serial yang menjadi terkenal dan diburu para kolektor. Kugy, yang juga sangat kehilangan sahabat-sahabatnya dan mulai kesepian di Bandung, menata ulang hidupnya. Ia lulus kuliah secepat mungkin dan langsung bekerja di sebuah biro iklan di Jakarta sebagai copywriter. Di sana, ia bertemu dengan Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Kugy meniti karier dengan cara tak terduga-duga. Pemikirannya yang ajaib dan serba spontan membuat ia melejit menjadi orang yang diperhitungkan di kantor itu. Namun Remi melihat sesuatu yang lain. Ia menyukai Kugy bukan hanya karena ide-idenya, tapi juga semangat dan kualitas unik yang senantiasa terpancar dari Kugy. Dan akhirnya Remi harus mengakui bahwa ia mulai jatuh hati. Sebaliknya, ketulusan Remi juga akhirnya meluluhkan hati Kugy. Sayangnya, Keenan tidak bisa selamanya tinggal di Bali. Karena kondisi kesehatan ayahnya yang memburuk, Keenan terpaksa kembali ke Jakarta, menjalankan perusahaan keluarganya karena tidak punya pilihan lain. Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan. Bahkan empat sekawan ini bertemu lagi. Semuanya dengan kondisi yang sudah berbeda. Dan kembali, hati mereka diuji. Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi semuanya. Akhirnya setiap hati hanya bisa kembali pasrah dalam aliran cinta yang mengalir entah ke mana. Seperti perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di kali, di sungai, tapi selalu bermuara di tempat yang sama. Meski kadang pahit, sakit, dan meragu, tapi hati sesungguhnya selalu tahu. Diwarnai pergelutan idealisme, persahabatan, tawa, tangis, dan cinta, “Perahu Kertas” tak lain adalah kisah perjalanan hati yang kembali pulang menemukan rumahnya.

Kisah ini dimulai dengan Keenan, seorang remaja pria yang baru lulus SMA, yang selama enam tahun tinggal di Amsterdam bersama neneknya. Keenan memiliki bakat melukis yang sangat kuat, dan ia tidak punya cita-cita lain selain menjadi pelukis, tapi perjanjiannya dengan ayahnya memaksa ia meninggalkan Amsterdam dan kembali ke Indonesia untuk kuliah. Keenan diterima berkuliah di Bandung, di Fakultas Ekonomi. Di sisi lain, ada Kugy, cewek unik cenderung eksentrik, yang juga akan berkuliah di universitas yang sama dengan Keenan. Sejak kecil, Kugy menggila-gilai dongeng. Tak hanya koleksi dan punya taman bacaan, ia juga senang menulis dongeng. Cita-citanya hanya satu: ingin menjadi juru dongeng. Namun Kugy sadar bahwa penulis dongeng bukanlah profesi yang meyakinkan dan mudah diterima lingkungan. Tak ingin lepas dari dunia menulis, Kugy lantas meneruskan studinya di Fakultas Sastra. Kugy dan Keenan dipertemukan lewat pasangan Eko dan Noni. Eko adalah sepupu Keenan, sementara Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil. Terkecuali Noni, mereka semua hijrah dari Jakarta, lalu berkuliah di universitas yang sama di Bandung.Mereka berempat akhirnya bersahabat karib. Lambat laun, Kugy dan Keenan, yang memang sudah saling mengagumi, mulai mengalami transformasi. Diam-diam, tanpa pernah berkesempatan untuk mengungkapkan, mereka saling jatuh cinta. Namun kondisi saat itu serba tidak memungkinkan. Kugy sudah punya kekasih, cowok mentereng bernama Joshua, alias Ojos (panggilan yang dengan semena-mena diciptakan oleh Kugy). Sementara Keenan saat itu dicomblangkan oleh Noni dan Eko dengan seorang kurator muda bernama Wanda. Persahabatan empat sekawan itu mulai merenggang. Kugy lantas menenggelamkan dirinya dalam kesibukan baru, yakni menjadi guru relawan di sekolah darurat bernama Sakola Alit. Di sanalah ia bertemu dengan Pilik, muridnya yang paling nakal. Pilik dan kawan-kawan berhasil ia taklukkan dengan cara menuliskan dongeng tentang kisah petualangan mereka sendiri, yang diberinya judul: Jenderal Pilik dan Pasukan Alit. Kugy menulis kisah tentang murid-muridnya itu hampir setiap hari dalam sebuah buku tulis, yang kelak ia berikan pada Keenan. Kedekatan Keenan dengan Wanda yang awalnya mulus pun mulai berubah. Keenan disadarkan dengan cara yang mengejutkan bahwa impian yang selama ini ia bangun harus kandas dalam semalam. Dengan hati hancur, Keenan meninggalkan kehidupannya di Bandung, dan juga keluarganya di Jakarta. Ia lalu pergi ke Ubud, tinggal di rumah sahabat ibunya, Pak Wayan. Masa-masa bersama keluarga Pak Wayan, yang semuanya merupakan seniman-seniman sohor di Bali, mulai mengobati luka hati Keenan pelan-pelan. Sosok yang paling berpengaruh dalam penyembuhannya adalah Luhde Laksmi, keponakan Pak Wayan. Keenan mulai bisa melukis lagi. Berbekalkan kisah-kisah Jenderal Pilik dan Pasukan Alit yang diberikan Kugy padanya, Keenan menciptakan lukisan serial yang menjadi terkenal dan diburu para kolektor. Kugy, yang juga sangat kehilangan sahabat-sahabatnya dan mulai kesepian di Bandung, menata ulang hidupnya. Ia lulus kuliah secepat mungkin dan langsung bekerja di sebuah biro iklan di Jakarta sebagai copywriter. Di sana, ia bertemu dengan Remigius, atasannya sekaligus sahabat abangnya. Kugy meniti karier dengan cara tak terduga-duga. Pemikirannya yang ajaib dan serba spontan membuat ia melejit menjadi orang yang diperhitungkan di kantor itu. Namun Remi melihat sesuatu yang lain. Ia menyukai Kugy bukan hanya karena ide-idenya, tapi juga semangat dan kualitas unik yang senantiasa terpancar dari Kugy. Dan akhirnya Remi harus mengakui bahwa ia mulai jatuh hati. Sebaliknya, ketulusan Remi juga akhirnya meluluhkan hati Kugy. Sayangnya, Keenan tidak bisa selamanya tinggal di Bali. Karena kondisi kesehatan ayahnya yang memburuk, Keenan terpaksa kembali ke Jakarta, menjalankan perusahaan keluarganya karena tidak punya pilihan lain. Pertemuan antara Kugy dan Keenan tidak terelakkan. Bahkan empat sekawan ini bertemu lagi. Semuanya dengan kondisi yang sudah berbeda. Dan kembali, hati mereka diuji. Kisah cinta dan persahabatan selama lima tahun ini pun berakhir dengan kejutan bagi semuanya. Akhirnya setiap hati hanya bisa kembali pasrah dalam aliran cinta yang mengalir entah ke mana. Seperti perahu kertas yang dihanyutkan di parit, di empang, di kali, di sungai, tapi selalu bermuara di tempat yang sama. Meski kadang pahit, sakit, dan meragu, tapi hati sesungguhnya selalu tahu. Diwarnai pergelutan idealisme, persahabatan, tawa, tangis, dan cinta, “Perahu Kertas” tak lain adalah kisah perjalanan hati yang kembali pulang menemukan rumahnya.

Puisi Perahu Kertas Sapardi Djoko Damono

TRIBUNJATENG.COM - Puisi Perahu Kertas Sapardi Djoko Damono:

Waktu masih kanak-kanak kau membuat perahu kertasdan kaulayarkan di tepi kali; alirnya sangat tenang,dan perahumu bergoyang menuju lautan.

“Ia akan singgah di Bandar-bandar besar,” kata seoranglelaki tua. Kau sangat gembira, pulang denganberbagai gambar warna-warni di kepala. Sejak itukau pun menunggu kalau-kalau ada kabar dariperahu yang tak pernah lepas dari rindumu itu.Akhirnya kaudengar juga pesan si tua itu, Nuh, katanya,“Telah kupergunakan perahumu itu dalam sebuahBanjir besar dan kini terdampar di sebuah bukit”

Sosok Sapardi Djoko Damono sejauh ini memang cukup dikenal, baik sebagai penyair, penerjemah, pengajar, maupun juga sebagai pengamat sastra. Para pembaca pasti tidak pernah ragu untuk mengatakan bahwa membaca puisi miliknya seperti Self-healing. Rangkaian kata-katanya yang indah membuat para pembaca akan jatuh cinta dengan kepiawaiannya dalam menulis sebuah karya. Karya-karyanya begitu sarat akan makna. Tidak pelak apabila beliau memang layak diperhitungkan dalam peta dan khazanah Sastra Indonesia Modern. Ketekunannya dalam dunia kreatif dan pengajaran sastra sungguh patut dikedepankan. Perahu Kertas ini merupakan buku kumpulan sajak milik Sapardi Djoko Damono. Pada akhir Maret 1984, karyany ini bahkan memenangi Hadiah Sastra DKJ untuk tahun 1983. Buku ini menjadi magis tersendiri untuk Sapardi Djoko Damono, karena beliau membuktinya dirinya merupakan seorang penyair suasana. Sapardi Djoko Damono mencoba menghidupkan fantasi-fantasi para pembaca, sehingga menemukan kembali dunia luar dan dunia dalam pengalaman kemanusiaan kita. Kata-katanya adalah segalanya dalam puisi Perahu Kertas ini. Sinopsis Buku Di Tangan Anak-anak Di tangan anak-anak, kertas menjelma perahu Sinbad yang tak takluk kepada gelombang, menjelma burung yang jeritnya membukakan kelopak-kelopak bunga di hutan; di mulut anak-anak, kata menjelma Kitab Suci. “Tuan, jangan kau ganggu permainanku ini.” *** Perahu Kertas pertama kali terbit pada tahun 1983. Buku ini memuat puisi-puisi Sapardi Djoko Damono yang selalu dikutip dan dibacakan di setiap waktu, di antaranya puisi Yang Fana Adalah Waktu, Tuan, Sihir Hujan, Hatiku Selembar Daun, dan Metamorfosis.

MENGANALISIS PUISI PERAHU KERTAS KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN PUISI JIWA KARYA ISMA SAWITRI

Puisi merupakan salah satu genre sastra yang memiliki bentuk yang khas, unik, dan lazim menggunakan bahasa yang relative lebih padat dan lebih stabil di banding genre sastra lainnya, seperti cerpen, novel, maupun drama. Puisi juga merupakan struktur yang kompleks. Struktur yang di maksud adalah susunan unsur-unsur yang memiliki system yang antara unsur-unsurnya yang terjadi timbal balik. Pendekata yang di anggap sesuai di gunakan untuk menelaah hubungan antar unsur tersebut adalah pendekatan structural, sebuah pendekatan yang memandang teks sastra, khususnya puisi, sebaagai suatu objek yang di bangun oleh berbagai unsur yang saling berhubungan.

1.Bagaimana menganalisis puisi “ Perahu Kertas “ karya Sapardi Djoko Damono

2. Bagaimana menganalisis puisi “ Jiwa ” karya Isma Sawutri

1 Menganalisis puisi “ Perahu Kertas “ karya Sapardi Djoko Damono

2. Menganalisis puisi “ Jiwa ” karya Isma Sawutri

PERAHU KERTAS ( Sapardi Djoko Damono )

Waktu masih kanak-kanak kau membuat perahu kertas

dan kau layarkan di tepi kali; alirnya sangat tenang,

dan perahumu bergoyang menuju lautan.

“Ia akan singgah di Bandar-bandar besar,”kata seorang

lelaki tua. Kau sangat gembira, pulang dengan

berbagai gambar warni-warni di kepala. Sejak itu

kau pun menunggu kalau-kalau ada kabar dari

perahu yang tak pernah lepas dari rindumu itu.

Akhirnya kau dengar juga pesan si tua itu, Nuh, Katanya,

“Telah kupergunakan perahumu itu dalam sebuah

Banjir besar dan kini terdampar di sebuah bukit”

Sewaktu masih (kecil) kau membuat perahu dari kertas. Perahu itu dilayarkan di tepi kali yang airnya sangat tenang. Angin menggoyangkan perahu itu, lalu membawanya hingga ke laut lepas.

Seorang lelaki tua yang melihat perahu itu mengatakan bahwa perahu itu akan singgah di pelabuhan-pelabuhan besar dan ramai. Kau lirik sangat gembira mendengar berita itu. Dengan perasaan bahagia dan senang kau lirik pulang kerumahnya. Sejak saat itu kau lirik selalu menunggu kabar tentang perahu yang selalu ada dalam ingatanya. Akhirnya kau lirik mendengar juga kabar dari seseorang yang sangat tua, Nuh, namanya. Kata lelaki tua itu, perahu itu sudah di pergunakan untuk menyelamatkan manusia dan makhluk hidup lainnya dalam sebuah banjir besar. Sekarang perahu itu terdampar di sebuah pulau.

Masa kecil merupakan masa paling indah untuk di kenang. Di waktu kecil manusia melakukan sesuatu sesuai dengan hati nurani tanpa di pengaruhi unsur lain. Semua di lakukan dengan penuh keikhlasan& kepolosan. Ketika dewasa, pasti mengalami kerinduan akan masa kecil yang penuh dengan kegembiraan

Perahu kertas merupakan lambang pengapdian manusia kepada Tuhan. Manusia melakukan sesuatu yang diperintahkan Tuhan, tapi belum tentu semua yang dilakukan itu di terima oleh Tuhan, Semua tergantung niat. Ibarat sebuah perahu yang berlayar di lautan lepas, angin dan gelombang sangat menentukan sampai tidaknya perahu itu ketujuan.

Dalam puisi ini penyair berusaha menyampaikan bahwa pengabdian manusia kepada Tuhan atau sesama haruslah seperti sikap seseorang anak dalam puisi di atas, polos, ikhlas dan suci. Pengabdian yang di lakukan harus dilandasi oleh niat yang tulus. Juga harus membersihkan diri dari napsu duniawi.

Penyair juga menyertakan kisah-kisah masa lampau atau cerita-cerita rakyat dalam puisi ini. Dalam perahu kertas kekhasan itu terdapat dalam usaha penyair memasukkan kisah Nabi Nuh ketika menggunakan perahu untuk menyelamatkan umat manusia dari banjir besar sebagai latar puisi.

Tema : Tema dari puisi ini adalah tema agama.

Amanat : beramanat mengenai ke ikhlasan.

JIWA ( Isma sawitri )

Risau apa yang mengiringi langkahku

ke senja yang pucat ini

Risau apa yang barangkali membawaku kembali

ke pesanggrahan terpencil ini

bangsal itu masih temaram

langit langit tinggi, gamelan yang diam

patung patung dalam tat ruang

yang begitu kuhafal begitu kukenang

Dan di atas di ceruk sana

bingkai jendela begitu rendah

beberapa anak tangga di bawahnya

angkah langkah tergesa

hidup kian tak terduga

Risau apa yang mengiringi langkah ( kau ) ke jalan setapak ini ( di saat ) senja yang pucat ini.

Risau apa yang barangkali membawa ( aku ) kembali ke pesanggrahan ( yang ) terpencil ini. Bangsal itu masih temaram( , ) langit langit ( yang ) tinggi, gamelan yang diam ( dan ) patung patung dalam tat ruang yang begitu ( aku ) hafa ( dan ) begitu ( aku ) kenang.

Dan di atas di ceruk sana ( ada ) bingkai jendela ( yang ) begitu rendah (serta ) beberapa anak tengga di bawahnya angkah langkah tergesa dan sesudahnya hidup kian tak terduga.

Bahwa di dalam kehidupan yang sedang kita jalani terutama pada peristiwa-peristiwa yang telah kita lalui,pasti meninggalkan banyak kenangan. Setiap jam, setiap detik , yang kita lalui setiap benda maupun tempat masa lalu yang memberikan kenangan kepada kita tersebut pasti akan tetap terpatri pada pikiran kita. Seperti pada ungkapan “ Risau apa yang membawaku kembali ke pesanggrahan terpencil ini “

Sementara itu kehidupan yang kit jalani saat ini jauhlah berbeda dari masa yang telah kita lalui dulu. Seperti pada ungkapan “…dan sesudahnya hidup kian tak terduga “

Tema : mengenai kehidupan seseorang.

Amanat : jangan menyesali sesuatu yang telah terjadi dahulu.

Dalam puisi pertama penyair berusaha menyampaikan bahwa pengabdian manusia kepada Tuhan atau sesama haruslah seperti sikap seseorang anak dalam puisi di atas, polos, ikhlas dan suci. Pengabdian yang di lakukan harus dilandasi oleh niat yang tulus. Juga harus membersihkan diri dari napsu duniawi.

Sedangkan dalam puisi kedua bahwa di dalam kehidupan yang sedang kita jalani terutama pada peristiwa-peristiwa yang telah kita lalui,pasti meninggalkan banyak kenangan. Setiap jam, setiap detik , yang kita lalui setiap benda maupun tempat masa lalu yang memberikan kenangan kepada kita tersebut pasti akan tetap terpatri pada pikiran kita.

Djoko Pradopo, Rahmat. 1995. Beberapa Teori Sasatra Methode Kritik dan Penerapannya. Pustaka Pelajar: Yogyagarta.

Sosok Sapardi Djoko Damono sejauh ini memang cukup dikenal, baik sebagai penyair, penerjemah, pengajar, maupun juga sebagai pengamat sastra. Para pembaca pasti tidak pernah ragu untuk mengatakan bahwa membaca puisi miliknya seperti Self-healing. Rangkaian kata-katanya yang indah membuat para pembaca akan jatuh cinta dengan kepiawaiannya dalam menulis sebuah karya. Karya-karyanya begitu sarat akan makna. Tidak pelak apabila beliau memang layak diperhitungkan dalam peta dan khazanah Sastra Indonesia Modern. Ketekunannya dalam dunia kreatif dan pengajaran sastra sungguh patut dikedepankan. Perahu Kertas ini merupakan buku kumpulan sajak milik Sapardi Djoko Damono. Pada akhir Maret 1984, karyany ini bahkan memenangi Hadiah Sastra DKJ untuk tahun 1983. Buku ini menjadi magis tersendiri untuk Sapardi Djoko Damono, karena beliau membuktinya dirinya merupakan seorang penyair suasana. Sapardi Djoko Damono mencoba menghidupkan fantasi-fantasi para pembaca, sehingga menemukan kembali dunia luar dan dunia dalam pengalaman kemanusiaan kita. Kata-katanya adalah segalanya dalam puisi Perahu Kertas ini. Sinopsis Buku Di Tangan Anak-anak Di tangan anak-anak, kertas menjelma perahu Sinbad yang tak takluk kepada gelombang, menjelma burung yang jeritnya membukakan kelopak-kelopak bunga di hutan; di mulut anak-anak, kata menjelma Kitab Suci. “Tuan, jangan kau ganggu permainanku ini.” *** Perahu Kertas pertama kali terbit pada tahun 1983. Buku ini memuat puisi-puisi Sapardi Djoko Damono yang selalu dikutip dan dibacakan di setiap waktu, di antaranya puisi Yang Fana Adalah Waktu, Tuan, Sihir Hujan, Hatiku Selembar Daun, dan Metamorfosis.